• SMP NEGERI 2 BULUSPESANTREN
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA SMP NEGERI 2 BULUSPESANTREN

Setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya akan diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Oleh karena itu akan ada upacara di instansi-instansi pemerintah termasuk sekolah. Di SMP Negeri 2 Buluspesantrenpun tak berbeda dengan yang lainnya.

 

 

 

Segenap pegawai dan seluruh keluaraga yang berdinas di SMP Negeri 2 Buluspesantren mengikuti upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada Sabtu (28/10/2023). Untuk wilayah SMP Negeri 2 Buluspesantren dipusatkan di Lapangan SMP Negeri 2 Buluspesantren.

Sedangkan upacara Hari Sumpah Pemuda tahun ini yang menjadi Pembina adalah Bpk Suprich Adi, S.Pd. beliau merupakan Wakil Kepala Sekolah 1 yang mengendali di bidang Akademik.

Setiap tahunnya, pemerintah mengusung tema yang berbeda untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada perayaan yang ke-95 ini, pemerintah mengusung tema Bersama Majukan Indonesia. Adapun makna tema tersebut seperti dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 oleh Kemenpora RI, yaitu:

  • Membangun Semangat Kolaborasi dari semua elemen Bangsa dalam Memajukan Indonesia.
  • Memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju.
  • Meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Berikut adalah isi sumpah pemuda

Pertama: "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia".
Kedua: "Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia".
Ketiga: "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia".

Makna Teks Sumpah Pemuda Ketiga ikrar dalam teks Sumpah Pemuda memiliki makna sebagai berikut :

Ikrar pertama bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa para pemuda Indonesia memiliki darah yang sama, dan perjuangan untuk merebut kemerdekaan tidak lagi bersifat kedaerahan. Ikrar kedua menyatakan berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Hal ini menggambarkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap dalam satu kesatuan Bangsa Indonesia. Ikrar ketiga menyatakan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Memiliki makna bahwa Bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu bangsa.

Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Dikutip dari laman Fakultas Hukum UMSU, berikut ini nilai-nilai Sumpah Pemuda yang wajib diketahui.

  1. Cinta Bangsa dan Tanah Air Cinta tanah air menjadi nilai dasar yang dijunjung tinggi dalam Sumpah Pemuda. Penting bagi masyarakat dan generasi muda untuk memiliki rasa cinta yang mendalam terhadap bangsa Indonesia sebagai tanah kelahiran.
  2. Persatuan
    Persatuan merupakan prinsip utama dalam Sumpah Pemuda. Nilai ini mengajarkan kita untuk menghargai dan menghormati setiap perbedaan yang ada. Dengan mempertahankan semangat persatuan, kita mampu mengatasi potensi konflik dan membangun masyarakat yang kokoh berdasarkan semangat kebersamaan.
  3. Menerima dan Menghargai Perbedaan

Nilai ini mengajak kita untuk melihat keberagaman sebagai kekayaan yang harus dijaga. Dalam dunia yang semakin terkoneksi, sikap terbuka terhadap perbedaan pandangan, budaya, dan keyakinan akan membawa masyarakat menuju kesatuan yang lebih kuat.

  1. Sikap Rela Berkorban Nilai ini tercermin dari semangat para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka ikhlas tanpa pamrih mengorbankan seluruh jiwa dan raganya untuk bangsa Indonesia
  2. Mengutamakan Kepentingan Bangsa

Nilai ini mengajarkan tentang pentingnya mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi maupun golongan. Dengan begitu kita akan mampu meraih kemajuan yang berkelanjutan.

  1. Nilai Semangat Persaudaraan

Persaudaraan adalah nilai yang tercermin dalam gotong royong. Nilai ini relevan untuk membangun hubungan baik dalam lingkup keluarga, komunitas, maupun masyarakat luas.

  1. Semangat Gotong Royong

Inti dari nilai Sumpah Pemuda adalah gotong royong. Nilai ini masih relevan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.
Demikian informasi mengenai isi teks Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 lengkap dengan maknanya. Semoga bermanfaat detikers!

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
WISATA EDUKASI SOLO – SEMARANG SMP NEGERI 2 BULUSPESANTREN, oleh : Sampurno Aji, S,Pd.

    Kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan di kelas atau lingkungan sekolah saja. Pembelajaran di luar kelas bisa membuat siswa lebih antusias. Apalagi jika wisata ya

20/01/2024 13:50 WIB - administrator